Kamis, 27 September 2012

Pelindo II Gandeng SOGET Dan Microsoft Bikin Sistem Pelabuhan Terbesar di Dunia


detik.com - ,Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menggandeng SOGET dan Microsoft untuk mengimplementasikan layanan sistem pelabuhan atau Port Community System terbesar di dunia.

Sistem ini akan dijalankan di Jakarta, dan selanjutnya di pelabuhan lain di Indonesia. Sistem SOGET PCS merupakan sistem layanan port clearance dasar yang meliputi surat izin kelaikan berlayar, surat izin kesehatan kapal, surat bebas karantina, entry/exit permit, serta izin untuk sebuah kapal bersandar atau berlayar. 

Indonesia dengan jumlah 111 pelabuhan komersial dan 614 pelabuhan non komersial membutuhkan sistem ini sehingga kegiatan logistik bisa berjalan dengan cepat. Sistem ini bisa mengefisiensikan rantai logistik nasional dengan mudah.

"Penerapan sistem ini akan memperkuat dan mengakselerasi implementasi Inaportnet (Indonesia Port Net System) yang merupakan elemen vital dalam mendukung konektivitas domestik dan internasional Indonesia. Penguatan konektivitas ini akan meningkatkan kinerja logistik dan daya saing Indonesia," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (27/9/2012).

Sementara Direktur Utama Pelindo II yang juga merupakan operator Pelabuhan Tanjung Priok yaitu RJ Lino mengatakan, dengan sistem ini maka standar keamanan dan fasilitas di pelabuhan Indonesia bakal meningkat.

SOGET bekerjasama dengan Microsoft, menyediakan sistem pelabuhan satu pintu yang mamastikan operasional pelabuhan bakal efisien.

Rencananya sistem ini akan diimplementasikan secara penuh pada Oktober 2013. Pemasangan sistem ini akan dilakukan mulai minggu pertama Oktober 2012.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More