Sabtu, 07 April 2012

SUKARNO


SUKARNO “ Putra Sang Fajar “

SUKARNO sesosok Presiden pertama indonesia, yang menguncang dunia, kepribadiannya dan tata cara bahasanya, menandakan beliau adalah sangpemimpin.

“Jejak Langkah Putra Sang Fajar” SUKARNO

SUKARNO di lahirkan di surabaya 6 juni 1901 dari pasangan Ayu Nyoman Rai Srimben ( asal singaraja, Bali ) dan Raden Soekemi Sosrodihardjo ( probolinggo jawa timur ).
Sukarno bersekolah di sekolah dasar zaman belanda hingga kelas lima di Mojokerto, jawa timur, lalu beliau melanjudkan pendidikan ke Europeesche Lagere School (ELS ), sekolah Eropa berbahasa belanda di Surabaya.

1915 beliau masuk Hoogere Burger  School (HBS), sekolah menengah Belanda, dan ikut di rumah Tjokroaminoto, Ketua Sarekat Islam.di situ beliau berkenalan dengan tokoh2 senior pergerakan dan mulai proses magang politik. Beliau berhasil mennyelesaikan HBS dalam lima tahun, dengan semua kegiatan sampingannya, membuktikan bahwa beliau murit yang cerdas.

21 januari 1921, artikel sukarno yang pertama terbit di halaman depan koran Oetoesan Hindia milik Sarekat Islam, tahun ini beliau juga mengawini Oetari Tjokroaminoto, perkawinan pertama Sukarno.

Pada pertengahan tahun 1921, Sukarno di terima sebagai mahasiswa di sekolah tinggi teknik (Technische Hooge School –sekarang bernama Institut Teknologi Bandung ) di jurusan teknik sipil.

Pada tahun 1923, Menikahi Inggit Garnasih, janda berusia 12 tahun lebih tua dari beliau,menurut penulis biografinya, inggit adalah satu – satunya wanita bung karno yang memberi tampa pernah meminta.inggit memang menjadi sumber insfirasi terbesar  sukarno.

Pada 25 mei 1926, sukarno mendapatkan gelar insinnyur dari THS. Meskipun iya insiyur sipil, minatnya justru pada arsitektur. Hotel pariangan adalah salah satu karyanya.

Pada 4 juni 1927, mendirikan Perserikatan Nasional Indonesia ( PNI ) di bandung yang merupakan gabungan berbagai gerakan kemerdekaan.
Program nya : mengusahakan kemerdekaan indonesia
Slogan nya : merdeka sekarang juga.

Pada kongres 1928 gerakan itu memproklamasikan diri sebagai partai, dengan nama baru ( Partai Nasional Indonesia ).

Pada 29 desember 1929,sukarno di tangkap bersama tokoh – tokoh PNI di jebloskan ke tahanan penjara Banceuy. Tuduhan nya merencanakan pemberontakan kepada belanda.

pada agustus 1930, pengadilan sukarno. Dalam pembelaannya yang amat terkenal “ indonesia menggugat”

pada 31 desember 1931, hukuman sukarno di potong dua tahun dan telah di kurangi masa tahannan selama masa tahannan selama masa pemeriksaan, beliau dibebaska. Tapi gerakan gerakan indonesia yang bertumpu pada sukarno seorang terlanjur kehilangan tokoh besar nya. PNI pecah dan sukarno memilih masuk Partindo.

Pada 1 agustus 1933, sukarno ditangkap untuk kedua kalinya. Sukarno kembali di tuduh melakukan kegiatan mennyebarkan pemikiran nyang revoslusioner dan menentang belanda.

Pada 17 februari 1934, sukarno dibuang ke Ende,Flores.

Pada februari 1938, pengasingan sukarno di pindahkan ke Bengkul, tempat beliau menjadi guru sekolah muhammadiyah dan terpikat oleh putri pemimpin muhammadiayh setempat , Fatmawati, yang kemudian dinikahinya pada tahun 1943.

Pada 9 juli 1942, sukarno kembali ke pulau jawa dan merebut simpati sebagai pemimpin pergerakan indonesia di zaman jepang

Pada 16 april 1943, bersama jepang sukarno membuat pusat tenaga rakyat ( PUTERA ), yang ternyata di pakai jepang sebagi pekerja paksa ( romusha ).

Pada 7 september 1943, penguasa jepang menjanjikan kemerdekaan untuk indonesia kelak di kemudian hari ( tidak ada batas waktu spesifik ).

Pada 1 juni 1945, dalam rapat badan pennyelidik usaha – usaha persiapan kemerdekaan indonesia    (BPUPKI ) , melahirkan istilah pancasilah, yang menjadai dasar negara indonesi. Rapat itu juga mennyepakati undang – undang dasar 1945 sebagai kostituti negara indonesia.

Pada 16 agustus 1945, Sukarno menolak tuntutan pemuda untuk memproklamasikan indonesia dengan alasan belum dapat kepastian mennyerahnya jepang dalam perang. Mereka menjulik Sukarno dan Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok.

Pada 17 agustus 1945, Proklamasi indonesia dibacakan oleh Sukarno dan Hatt, atas nama bangsa indonesia.

Pada 18 agustus 1945, panitia persiapan kemerdekaan indonesia ( PPKI ) bersidang dan menetapkan Sukarno presiden  dan Mohammad Hatta sebagi wakilnya.

Pada 14 november 1945, kabinet pertama yang baru berusia tiga bulan jatuh, digantikan kabinet kedua dengan bentuk parlementer di bawah perdanamentri Sjahrir, sejaksaat itu kabinet selalu jatuh bangun.

Pada 18 april 1955, berlangsung konferensi asia afrika atas prakarsa Bung Karno. Inilah salah satu prestasi besarnya, konfrensi tingkat dunia yang mennyatukan aneka ras, warna kulit, dan kepentingan di luar perang dingin blok komunis dan barat.

Pada 31 desember 1956, Mohammad Hatta mengundurkan diri dari jabatan Wakil Presiden RI. Kabine yang jatuh bangun perpecahan dalam tubuh angkatan darat yang tak henti, dan kecwaannya terhadap sukarno yang tak pernah mennyelesikan revolusi sosialnya telah mendorong Bung Hatta menjahui pusaran kekuasaan.

Pada 21 februari 1957, sukarno membekukan sistem demokrasi parlementer yang berlangsung sejak 1950 dan mengantikannya dengan demokrasi terpimpin. Ini mennyulut pemberontakan di daerah sehingga kabinet Ali Sastroamidjojo jatuh.

Pada 14 maret 1957, sukarno memberlakukan keadaan perang dan darurat perang ( SOB ), akibat bannyakya pemberontakan militer di daerah. Dua tahun kemudian, iya baru berhasil menumpas semuanya.

Pada 30 november 1957, terjadi percobaan pembunuhan terhadap sukarno. Semua pelaku dihukum mati. Para pelaku diidentifikasi sebagai kelompok anti komunis.

Pada 5 juli 1959, sukarno mengeluarkan dekrit presiden yang isinya membubarkan konstituante ( DPR Sementara ) dan kembali ke ndang – undang dasar 1945.

Pada 17 agustus 1959, Sukarno mengenalkan Manifesto poltik yang oleh MPRS di kukuhkan menjadi garis – garis besar haluan negara ( GBHN ). Manipol memuat lima pokok: UUD 1945, Sosialisme Indonesia, Demograsi Terpimpin, EkonomiTerpimpin, dan keperibadian indonesia ( USDEK ).

Pada 30 september 1960, di depan majelis umum PBB, Sukarno menguraikan Pancasila dan perjuangkan membebaskan irian barat dalam pidato berjudul “To Build the World Anew”.

Pada tahun 1963, untuk menandingi olimpiade yang digelar negara – negara barat, sukarno menggelar pertandingan olahraga internasional ganefo ( Game Of New Emerging Forces )di senayan, jakarta, 10 – 22 November 1963, yang diikuti 48 negara.

Pada 3 mei 1964, karna kebencian terhadap kolonialisme inggris di asia Sukarno menyeruhkan “ ganyang Malaysia”. Setahun berikutnya, karena terpilihnya Malaysia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB, indonesia keluar dari PBB dan membentuk poros Jakarta – peking.

Pada 14 januari 1965, partai komunis indonesia mulai melancarkan provokasi dengan tuntutan untuk mempersenjatai buruh dan petani  ( angkatan kelima ), sukarno belum menanggapinya, tapi angkatan darat dibawah ahmad yani menolak tegas.

Pada 26 mei 1965, beredar isu “ dokumen gilchrist” yang mennyebutkan adanya dewan jendral dalam tubuh angkatan bersenjata untuk mengambil kekuasan dari sukarno, sukarno memanggil para petnggi AD ke istana.

Pada 30 september 1965, penculikan dan pembunuhan tujuh jenderal angkatan darat di jakart. PKI, yang memperoleh pelindungan Sukarno, dituding sebagai biang keladinya.

Pada 14 oktober 1965, mayor jenderal suharto dilantik sebagai menteri panglima angkatan darat dan segeram membekukan kegiatan PKI dan ormas – ormasnya. Sukarno menolak untuk bertindak tegas terhadap PKI.

Pada 11 maret 1966, dengan halikopter sukarno terbang ke istana bogor setelah mendengar istana di kepung pasukan tak dikenal, di sanalah sukarno menandatangani Supersemar, yang isinnya mennyerahkan wewenang pengendalian keamanan kepada mayjen Suharto untuk mengambil segala tindakan yang perlu demi memulihkan keamanan dan menjaga ajaran sukarno. Ternyata ada tiga versi surat ini, pertama versi sekretariat negara, kedua versi museum arsip nasional, dan yang ke tiga versi yang berkembang dalam masyarakat.

Pada 20 juni 1966, sidang umum ke – 4 MPR di jakarta, antara lain menetapkan jika presiden berhalangan tetap, pengemban supersemar, yakni soeharto, menjadi presiden.

Pada 21 januari 1967, pidato pertanggungjawaban Sukarno pada 10 januari, Nawak sara, ditolak MPRS dan DPRGR  mennyimpulkan ada petunjuk sukarno terlibat peristiwa 30 september.

Pada 22 februari 1967, Sukarno di berhentikan dari jabatan presiden dan digantikan oleh jendral soeharto.

Pada 21 juni 1970, Sukarno wafat di istana bogor setelah menderita sakit yang lama di wisma yasa, jakarta. Jenaza sukarno di makamkan di blitar. Hingga akhir hayatnya sukarno tak pernah diadili karna tuduhan pro – PKI.

Inilah sekilas sejarah / riwayat hidup Sukarno “ sang pemimpin negara indonesia pertama” , yang sumber ceritanya dari buku yang saya baca, yang menarik lg dari buku yang saya baca dalam garis silsila sukarno adalah perkawinannya dengan sembilan wanita, nama sembilan wanita itu,Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Dewi Sukarno, Haryati, Yurike Sanger, Kartini  Monoppo, Heldy Djafar. Tak semuanya menghasilkan keturunan dan tak semuanya berakhir dengan percerayan.
Dalam buku sewindu dekat Bung Karno, Bambang  widjanarko mengutip ucapan sukarno “ Tuhan menciptakan wanita penuh dengan keindahan. Saya kira setiap laki – laki normal senang melihat keindahan dalam diri wanita”
Di sisi lain daya tarik serta taraf intelektualnya yang tinggi menjadikan sukarno seorang master dalam menaklukan hati wanita.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More