Sabtu, 07 April 2012

Ibnu Khaldun "bapak ilmu ekonomi"

Di saat saya membaca buku ekonomi pembangunan, di dalam buku itu ada nama Ibnu Khaldun, saya penasaran siapa Ibnu Kaldun, dan saya tertarik ingin mengetahinya, dan ternyata Ibnu Khaldun adalah sejarawan muslim dari Tunisa yang di sebut juga sebagai Bapak Ekonomi.
Saya akan menjelaskan dengan rinci siapa itu Ibnu Khadul, Ibnu Khadul nama lengkapnya adalah Abu Zayd’Abd al-Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al-Hadrami, lahir 27 mei 1332/732H, wafat 19 Maret 1406/808H adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia dan sering di sebut sebagai bapak ilmu Historiografi, Sosiologi dan Ekonomi. Karya yang terkenal adalah Muqaddimah.

Karya terbesar ibn khaldun memiliki dampak yang sangat besar bagi pelajar barat dan muslim, yaitu kitap al-lbar ( sejarah dunia ), dengan pendahuluan nya, Muqaddimah. Para akademisi barat sangat tertarik dengan sumbangan kitap al-albar dalam isu sosial, ekonomi dan politik. Dalam buku albar, iya memilih media khusus komunikasi dan topik khusus : tidak hannya menulis, namunjuga menulis mengenai sejarah ( mahdi,1964 ).

Jean David C. Boulakia dari Louisiana State University memberikan pengakuan dan kekagumannya tentang pemikiran Ibn Khaldun sebagai berikut :
Ibn Khaldun telah melontarkan pemikiran ekonomi fundamental beberapa abad sebelum ilmu ekonomi lahir. Ia menemukan perlunya pembagian kerja sebelum Adam Smith, primsip nilai pekerja sebelum David Ricardo. Ia mengelaborasi teori penduduk sebelu melthus. Iya menekankan pentingnya peran negara terhadap perekonomian sebelum Keynes.
Bahkan lebih daripada itu, Ibnu Kaldun telah menggunakan konsep – konsep tersebut untuk membangun sistem dinamik yang dimana mekanisme ekonomi selalu menyebabkan fluktuasi aktivitas ekonomi dalam jangka panjang.

Meski pemikirannya sudah di kenal di eropa sejak abad ke-17, karya – karyanya baru di terjemahkan pada abad ke-19, yang saat itu tampaknya para pemikir setelah khaldun belum pernah mengenal pemikiran ekonominy. Akibatnya, meskipun khaldun berada dalam pelopor bagi ekonom, iya tidak memilih pengikut dan penerus. Tampa alat dan proses yang sudah di kenal, iya mengelaborasi suatu penjelasan ekonomi yang original. 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More